Thursday, October 18, 2012

Analisis Jurnal Keunggulan Kompetitif Perusahaan Dalam Persaingan Global

ANALISIS JURNAL

Tema         : Persaingan Global
Pengarang  : Doc.Dr. Asli Kucukaslan dan Yrd.Doc.Dr.Nezihe Figen Ersoy
Tahun        : 2007
Judul        : Penentu Keunggulan Kompetitif dan Faktor Kesuksesan Perusahaan Dalam Persaingan Global


Latar Belakang Masalah

Untuk mengetahui faktor-faktor yang menentukan keunggulan kompetitif dan kesuksesan perusahaan dalam persaingan global dan bagaimana perusahaan dapat meningkatkan daya saing global dengan efektif di pasar internasional.


Masalah

Bagaimana cara perusahaan mencapai dan mempertahankan keunggulan kompetitif adalah pertanyaan penting di bidang manajemen strategi, sehingga banyak kajian tentang daya saing internasional yang muncul sebagai dasar penelitian bisnis internasional Salah satu faktor yang menentukan kesuksesan perusahaan dalam persaingan global adalah pengalaman perusahaan dalam bekerjasama dengan perusahaan asing sebagai pembuka jalan bagi perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya di luar negeri. Selain itu, perusahaan juga harus memiliki prestasi dan potensi yang baik agar proses perkembangan perusahaan juga dapat berjalan dengan baik. Pemusatan kinerja pada bisnis pokok perusahaan adalah kunci bagi perusahaan untuk dapat menjadi kompetitif secara global. Perusahaan juga harus menjadi organisasi yang fleksibel dan meningkatkan kualitas produk-produknya, untuk mencapai semua itu perusahaan tentunya harus memiliki sumber daya manusia yang kompeten dan inovatif. Inovasi dalam menghasilkan produk-produk baru sangat dibutuhkan perusahaan untuk bersaing secara global. Perusahaan harus bisa menggabungkan kemampuan teknologi, manajerial, pemasaran, dan pemanfaatan sumber daya manusia agar posisi perusahaan secara internasional dapat bertahan dan nantinya akan menjadi semakin kuat.


Metodologi

o Data
Data bersifat sekunder dimana dicari dan dikumpulkan dengan tujuan untuk membantu mengetahui faktor-faktor penentu keunggulan kompetitif dan kesuksesan perusahaan dalam persaingan global.

o Variabel
Persaingan global, keunggulan kompetitif, dan faktor-faktor penentunya.


Kesimpulan

Untuk dapat unggul dalam persaingan global, perusahaan harus meningkatkan inovasi dan memanfaatkan kesempatan bersaing tersebut. Dan untuk mempertahankan keunggulan tersebut , perusahaan harus selalu berkembang sehingga dapat mengubah posisi perusahaan dari domestik menjadi global.

No comments:

Post a Comment

Powered By Blogger